Sejarah Apindo

Sejarah Apindo

Terlahir dari semangat dan idealisme para ketua DPN Apindo atas peningkatan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia melalui proses pembelajaran terus menerus, PT Pusat Studi Apindo (PSA), dengan merek dagang Apindo Training Center (ATC) dibentuk pada 28 Januari 2010.

Visi PSA adalah menjadi “center of excellence” terhadap pengembangan Human Capital di Indonesia, dengan cara :

  • Mengembangkan kompetensi pelaku hubungan  industrial di Indonesia
  • Melakukan riset terhadap isu-isu ketenagakerjaan dan hubungan industrial di Indonesia
  • Menyediakan pelayanan terbaik untuk meningkatkan praktek pengembangan human capital di Indonesia

Metamorfosis PSA dari organisasi non-profit menjadi organisasi profit berbentuk PT dilakukan pada tahun 2013-2014. Status PSA yang telah berbadan hukum tercantum dalam akta notaris no.  Perubahan ini membawa dampak positif terhadap ATC untuk memasuki tatanan dunia ketenagakerjaan nasional dengan menyediakan berbagai jawaban dan alternatif solusi atas ketidakpastian dan kompleksitas dunia perburuhan masa kini dan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di masa mendatang.

Skenario pengembangan kompetensi sumber daya manusia pelaku hubungan industrial terpadu versi ATC dirancang secara akurat dan berbasis riset terapan di tempat kerja. Fleksibilitas ATC bekerja sama dengan seluruh pelaku hubungan industrial menempatkan ATC di lini terdepan pembangunan hubungan industrial untuk mewujudkan kondisi hubungan industrial yang harmonis dan iklim investasi nasional yang kondusif dan berkesinambungan.

Struktur Organisasi

Sturktur organisasi ATC tidak banyak mengalami perubahan. Masih melanjutkan struktur organisasi tahun lalu, Apindo Training Center yang dikukuhkan di dalam akta notaris dengan badan hukum PT. Pusat Studi Apindo, memiliki struktur sebagai berikut:

Board of Executive

  1. FX Sri Martono
  2. Franky Sibarani
  3. Sanny Iskandar
  4. M. Aditya Warman
  5. Iftida Yasar

Excellent Team

General Manager                                         : Henricus Punto

Program Division Head                                  : Zukra Budi Utama

Department Head                   

  1. Operation & GA                                : Gregorius Triyoga AP

Staf                                                          :

  1. Finance & Training Support                 : Priandoko
  2. Operation & Training Support               : Didit
  3. Research Analyst                               : Adisti Hapsari
  4. Marketing and Customer Relation          : Mariety Ruth Siahaan

 

 

 

Regulasi & UU

 

 

 

Download Materi Traning

Download Materi The 1st IIRC 2014

 

 

In House Training

 IRODP Batch VIII

Industrial Relations Officer Development Program (IRODP) merupakan salah satu tipe training berjenjang kerjasama antara ATC dengan PT. Pertamina (persero). Program ini merupakan sebuah program pelatihan hubungan industrial level officer dimana target kompetensi yang diharapkan dapat tercapai adalah peserta mampu menjadi seorang staf Hubungan Industrial yang memiliki kemampuan antisipasi di tingkat administratif. Program ini telah mengalami beberapa perkembangan sejak pertama kali diselenggarakan. In-Class training dilaksanakan selama 5 (lima) hari bertempat di Pertamina Learning Center, Simpruk, pada 17-21 Maret 2014, dihadiri oleh 16 peserta. Read More

Jadwal Training Reguler

Training Non Reguler

IRCP