Keranjang Anda

Your cart is empty

Add something to make it happy

LSP MSDM

Lembaga Sertifikasi Profesi ‘Hubungan Industrial Indonesia’ (LSP-HII)

Lembaga Sertifikasi Profesi ‘Hubungan Industrial Indonesia’ (LSP-HII) adalah LSP Pihak Ketiga (LSP-P3), didirikan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) berdasarkan SK Ketua Umum APINDO Nomor 009/SK-DPN/III/12 tanggal 19 Maret 2012, dan Akta Nomor 10 tanggal 10 Desember 2012 yang dibuat di hadapan Notaris Suprapto SH, di Jakarta.

LSP-HII adalah Lembaga Pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan Sertifikasi Kompetensi Profesi SDM di Sektor Ketenagakerjaan, Sub-Sektor Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

LSP-HII berfungsi sebagai kepanjangan tangan BNSP memiliki tugas mengembangkan Standar Kompetensi, melaksanakan Uji Kompetensi, menerbitkan Sertifikat Kompetensi serta melakukan verifikasi Tempat Uji Kompetensi.

LSP-HII (Pihak-3) bertujuan untuk melakukan sertifikasi Sumber Daya Manusia di bidang kompetensi Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja di seluruh Indonesia.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, LSP-HII mengacu pada Pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP. Dalam Pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang harus ditaati untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertifikasi secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia, peningkatan kualitas, dan perlindungan tenaga kerja. Skema Lembaga Sertifikasi Profesi Hubungan Industrial Indonesia APINDO (LSP HII APINDO) yang digunakan mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2019 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Jasa lainnya Golongan Pokok Aktivitas Ketenagakerjaan Bidang Hubungan Industrial dan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 379 Tahun 2020 tentang Penetapan Jenjang Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Hubungan Industrial.

No Nama Skema Nama Profesi Jumlah Unit Kompetensi
1 Skema I Analis Perjanjian Kerja & Kelembagaan HI 14
2 Skema II Analis Pencegahan Dan Penyelesaian PHI 14
3 Skema III Manajer Hubungan Industrial 15
4 Skema IV Auditor Hubungan Industrial 15

    FORM PENDAFTARAN LSP MSDM