4 Pillar ATC


Riset adalah salah satu kekuatan dari APINDO Training Center yang menjadi salah satu fokus bisnis kami. Dengan kemampuan peneliti-peneliti yang kompeten, APINDO Training Center mampu melakukan riset dengan hasil yang dapat mempengaruhi dunia hubungan industrial di Indonesia. Bagi perusahaan yang membutuhkan data terkait topik tertentu yang diperoleh melalui riset, APINDO Training Center dapat memberikan solusi dan rekomendasi terbaik dengan hasil penelitian yang didasarkan pada fakta yang kuat dan analisa yang bersifat strategis.

Dideskripsikan sebagai suatu peningkatan yang dilakukan saat suatu produk atau layanan ditawarkan kepada pelanggan. Atas alasan itulah APINDO Training Center tidak hanya memberikan produk dan pelayanan terbaik dan ter-update, namun menjadikan para pelanggan atau member APINDO Training Center memiliki wawasan/pengetahuan yang lebih mendalam dan dapat diaplikasikan dalam dunia profesional. Menjadi member dari APINDO Training Center tentunya dapat memberikan keuntungan yang sangat luar biasa bagi para pelanggan kami.

Harmonisasi hubungan industrial di Indonesia dipengaruhi oleh kepentingan para pihak dan kesesuaian peraturan perundang-undangan dengan kebutuhannya. Pemahaman secara sepihak oleh serikat pekerja, pengusaha maupun pemerintah memperparah kondisi tersebut. Ada banyak penelitian menunjukkan bahwa hubungan industrial yang baik merupakan kunci dan bagian yang terintegrasi dari kesuksesan bisnis. APINDO Training Center hadir menjadi mediator bagi pemerintah, pengusaha dan serikat pekerja melalui program edukasi, forum diskusi terbuka, kajian hukum, bedah kasus dan penelitian.

Transformasi Industrial Relations (IR) dapat membawa perubahan, baik internal IR maupun setiap line management diluar fungsi IR. Fakta telah menunjukkan bahwa tugas IR tidak hanya dilakukan oleh fungsional IR, tetapi juga melibatkan seluruh line manager, sehingga setiap individu pada line manager dituntut untuk memiliki kompetensi IR. Atas kelengkapan kompetensi IR pada seluruh line manager akan menjamin terpenuhinya syarat-syarat pengelolaan sumber daya manusia yang telah ditetapkan.

What is PSA?


Pusat Studi Apindo didirikan oleh 150 Anggota Luar Biasa Apindo yang digagasi oleh para petinggi Apindo dengan mimpi menjadi “center of excellent” bagi dunia hubungan industrial.

Berbekal impian dan restu dari Sofjan Wanandi dan Suryadi Sasmita sebagai pentolan dari DPN Apindo, maka ditangan M. Aditya Warman ATC memulai perjalanannya. Fokus dan kejelian dalam menangkap sintum permasalahan, menjadi salah satu strategi kami untuk tetap berkontribusi dalam membangun bangsa. Dengan dukungan dari anggota DPN, DPP, DPK Apindo yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Apindo Training Center merupakan salah satu lini bisnis dibawah PT Pusat Studi Apindo. PT Pusat Studi Apindo sendiri mempunyai enam lini bisnis, yaitu :

  • Apindo Advokasi Center
  • Apindo Bisnis Center
  • Apindo Certification Center
  • Apindo Produktivitas Center
  • Apindo Research Center
  • Apindo Training Center


Visi Pusat Studi Apindo adalah menjadi Center of Excellence terhadap pengembangan Human Capital dan Industrial Relation di Indonesia dengan cara : 
 

  • Mengembangkan kompetensi pelaku hubungan industrial di Indonesia
  • Melakukan riset terhadap isu-isu ketenagakerjaan di Indonesia
  • Menyediakan pelayanan terbaik untuk meningkatkan praktek pengembangan human capital di Indonesia

  • Dengan dukungan dari para stakeholder dan tripartit, maka selama 8 tahun ini ATC selalu bertranformasi dan memberikan inovasi terkini untuk perkembangan bisnis di masa depan melalui kajian riset dan training yang ATC dan ARC buat sesuai dengan kebutuhan. Selama 8 tahun berkarya, ATC dan ARC sudah mencapai champion terbesar melalui Industrial Relation Conference dan Convention yang diantaranya sudah dilaksanakan di Yogyakarta yaitu The 1st Industrial Relation Convention Outsourcing, kemudian perhelatan terbesar kami ada di Yogyakarta The 1st Industrial Relation Conference BPJS Kesehatan, dan Surabaya 3rd Indonesia Industrial Relations Conference 2016; Labor Law Rejuvination To Face Digitalization Era. Konferensi ini menghasilkan rekomendasi yang akan diberikan ke Kementerian Ketenagakerjaan sebagai bahan pertimbangan untuk regulasi yang menghalangi keberlangsungan bisnis di masa depan. 

    Selain itu ATC juga memiliki salah satu program unggulan yang bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran, yaitu Industrial Relation Certification Program, program ini memberikan dan membangun basic knowledge mengenai ilmu ketenagakerjaan atau hubungan industrial bagi para praktisi dan pakar perusahaan.